Kamis, 26 Juni 2014

Pesan Perdamaian dalam Secangkir Teh















Hounsai Genshitsu Sen atau yang juga dikenal sebagai Dr. Sen adalah seorang pria tua yang merupakan grand master teh Jepang. Ia kerap memperkenalkan seni kuno menikmati teh atau yang populer sebagai upacara minum teh ala Jepang ke banyak tempat di berbagai negara. Salah satu tempat yang pernah ia kunjungi adalah istana Sheikh Mohammed bin Zayed, Pangeran Mahkota Abu Dhabi di Uni Emirat Arab. Dr. Sen merasa senang ia bisa menunjukkan cara terbaik untuk menghargai budaya Jepang lewat secangkir Teh Hangat.

“Saya mengatakan kepada Putra Mahkota bahwa teh harus menjadi alat dan cara mengajarkan orang tentang rasa hormat dan menghargai alam, kata Dr. Sen. Sebelum mengunjungi Putra Mahkota Abu Dhabi, Dr. Sen telah mengunjungi lebih dari 60 negara untuk menyebarkan pesan perdamaian, dan kunjungannya ke Uni Emirat Arab adalah yang pertama. Selain melakukan upacara minum teh kuno ala Jepang untuk Putra Mahkota, ia juga melakukannya untuk para pejabat dalam sebuah konferensi penting di Abu Dhabi.

Dr. Sen yakin bahwa dengan teh, setiap orang bisa bergaul lebih baik satu sama lain. Dalam bahasa Jepang, upacara minum teh disebut chado dan kata tersebut memiliki arti cara teh atau cara hidup. Cita-cita yang mendasari upacara minum teh Jepang adalah harmoni, hormat, kemurnian, dan ketenangan, pungkas Dr. Sen.

Teh adalah minuman yang tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Di seluruh dunia pun ternyata teh juga merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air. Teh berasal dari daun Camelia sinensis, dan berdasarkan cara pengolahannya teh digolongkan menjadi empat jenis sebagai berikut:

    Teh Hitam

Daun teh hitam mengalami oksidasi secara maksimal. Proses ini menyebabkan terjadinya reaksi enzimatis yang menyebabkan perubahan warna daun dari hijau menjadi coklat.

    Teh Hijau

Daun teh pada jenis teh ini dipanaskan langsung segera setelah pemanenan sehingga mengalami oksidasi minimal. Reaksi enzimatis terhenti menyebabkan warna daun masih tetap hijau.

    Teh Oolong

Merupakan teh hasil oksidasi yang dihentikan di antara cara pengolahan teh hijau dan teh hitam sehingga disebut juga semi-fermentasi.

    Teh putih

Teh putih tidak mengalami oksidasi dan memiliki jumlah daun muda lebih banyak dibandingkan jenis teh lain. Teh ini jumlahnya terbatas sehingga harganya mahal.

Di seluruh dunia teh telah dikenal dengan berbagai manfaat positif bagi kesehatan. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa teh merupakan sumber cairan yang baik. Teh memiliki peran sebagai penghilang rasa dahaga yang lebih sehat dan menyenangkan daripada minuman manis lain maupun minuman bersoda.

Minum teh tanpa gula ataupun susu tidak hanya enak tapi juga mengandung nol kalori, hal ini membuat teh sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat maupun sebagai bagian dari program penurunan berat badan.

Teh juga kaya akan flavonoid seperti pada buah dan sayur yang berperan bagi kesehatan jantung. Namun, tidak berarti bahwa teh dapat menggantikan buah dan sayur karena keduanya mengandung nutrisi yang penting seperti vitamin dan mineral. Jadi sudah minum teh kah anda hari ini?

sumber : hidupnatural