Senin, 30 Juni 2014

Tips Tampil Fresh, Bugar Saat Berpuasa












Berpuasa di bulan suci Ramadhan janganlah kita jadikan alasan untuk segala aktivitas kerja kita menjadi berubah malas ataupun lesu, justru sebaliknya di bulan puasa ini kita harus lebih fresh dan bugar saat beraktivitas dalam keseharian kita, selain dari pada itu kita berlomba - lomba mencari pahala di bulan yang penuh dengan berkah dan pengampunan ini.

Memang banyak sekali alasan yang timbul saat datangnya bulan puasa ini yang kaitannya dengan kegiatan keseharian kita pada umumnya, dari saat akan berangkat kerja atau pun sekolah banyak alasan untuk bermalas malasan di tempat kerja, mulai dari mata masih mengantuk, badan pegel tidak sehat dan banyak lagi alasan yang lainnya.

Agar kita terhindar dari lesu dan lemas saat puasa, Anda bisa melakukan beberapa tips kesehatan untuk mendukung kondisi tubuh kita saat berpuasa sebulan penuh, berikut ini di antaranya agar kita tetap Fresh dan bugar saat berpuasa didalam kegiatan aktivitas keseharian yang kita jalani yaitu :

1. Menu saat sahur 

Konsumsi makanan yang kaya karbohidrat kompleks dan protein, buah-buahan atau sayuran, dan perbanyak minum air putih.

2. Hindari berbuka puasa dengan makan berlebihan

Berbuka puasa dengan kurma dan air sudah cukup untuk mengisi perut Anda. Setelah shalat maghrib, lanjutkan dengan makan makanan ringan. Kemudian perbanyak minum air putih.

3. Merencanakan jadwal menu

Rencanakan jadwal menu untuk berbuka puasa dan sahur untuk memastikan Anda tetap mendapatkan nutrisi yang tepat selama berpuasa.

4. Hindari tempat yang terlalu panas

Hindari terlalu lama berada di tempat panas karena itu dapat membuat Anda merasa dehidrasi. Berdiamlah di dalam ruangan atau di tempat yang teduh dan batasi aktivitas fisik. Beristirahatlah yang cukup jika memungkinkan.

5. Makan saat malam

Pada malam hari (setelah maghrib), Anda bisa menyantap makan malam yang sehat dan seimbang. Jangan makan berlebihan, dan pastikan untuk minum beberapa gelas air putih.

6. Perbanyak makanan dalam bentuk protein

Ketika kita berbuka puasa atau makan sahur, sebaiknya kita lebih banyak memakan makanan yang mengendung protein, karena protein merupakan makanan dengan kandungan energi yang paling tinggi bila dibandingkan dengan karbohidrat.

7. Hindari minuman tidak sehat

Saat malam, tahan godaan untuk minum teh, kopi, atau soda. Perbanyak minum air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

8. Jangan makan makanan yang terlalu pedas dan asam.

Karena jika kita terlalu banyak makan pedas dan asam, maka kondisi lambung yang kosong selama 12 jam lebih akan menjadi semakin asam ketika kita makan makanan yag pedas dan asam, dan akibatnya kita akan merasakan nyeri lambung yang cukup menyakitkan serta bisa juga mengakibatkan diare yang justru akan membuat kita lemas karena dehidrasi.

9. Olahraga

Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki selama 15-20 menit, sebaiknya dilakukan di malam hari.

10. Hindari makanan pedas atau digoreng

Hindari makan makanan yang digoreng dan pedas karena dapat menyebabkan mulas atau gangguan pencernaan.

11. Kurangi minum minuman dingin (es)

Jika anda berpuasa, akan lebih baik jika anda tidak meminum minuman yang dingin, baik itu pada waktu sahur ataupun pada waktu berbuka puasa. Minuman yang saya anjurkan adalah minuman yang hangat, karena dengan minuman yang hangat justru akan membuat anda lebih tahan terhadap haus bila dibandingkan dengan ketika anda meminum minuman yang dingin. Sehingga anda akan lebih segar dalam beraktivitas dan tidak mudah dehidrasi.

12. Minum suplemen makanan atau vitamin

Bagi anda yang merasa selalu kurang fit ketika berpuasa. Anda juga bisa menambahkan beberapa suplemen makanan dalam bentuk vitamin ke dalam menu sahur anda. Jadi setelah makan sahur, sempatkanlah sejenak untuk meminum multivitamin. Tujuannya jelas, yakni menambahkan cadangan vitamin untuk tubuh anda.

13. Jadwal tidur

Atur jadwal tidur Anda sehingga Anda tetap fresh dan bugar serta sehat dan mendapatkan cukup tidur selama puasa.

Demikianlah beberapa tips sehat dan bugar serta selalu fresh selama kita beraktivitas di bulan puasa ini, dan yang tak kalah penting dari beberapa tips tersebut diatas adalah NIAT kita dalam berpuasa,  kita tidak boleh gampang mengeluh, karena puasa memang melatih kesabaran serta ketabahan kita.

sumber : drc