Kamis, 26 Juni 2014

Jangan Minum Obat dengan Teh!












Pernahkah Anda langsung Minum Teh setelah mengonsumsi obat?

Jika belum, maka sebaiknya memang tidak dicoba. Minum obat dengan teh tidak tepat karena kandungan kafein dalam teh dapat membunuh efek yang diharapkan dari obat, misalnya saat Anda minum obat tidur. Selain itu, jika Anda mengonsumsi obat yang mengandung zat besi juga sangat tidak dianjurkan langsung minum teh setelahnya karena penyerapan zat besi dalam tubuh bisa terganggu.

Anda boleh kembali Minum Teh setelah 30-60 menit dari waktu minum obat.

Penyebab kenapa teh dikatakan dapat mengganggu penyerapan zat besi dari obat adalah karena kandungan katekin dan tanninnya yang cukup besar, yaitu sekitar 60-70 mg per 100 ml teh hijau. Efek teh terhadap penyerapan zat besi terutama dikhawatirkan pada orang yang mengidap anemia.

Sebenarnya selain teh, Anda juga tidak boleh minum obat dengan jus jeruk, kopi, dan minuman lain selain air putih. Pada jus jeruk, kandungan yang dikhawatirkan dapat mengganggu kerja obat adalah flavonoid, sejenis senyawa yang juga ditemukan dalam teh. Jus jeruk terutama tidak boleh diminum berbarengan dengan obat yang mengandung kalsium karena dapat mengganggu metabolisme dan menurunkan tekanan darah. Karena itu, pastikan Anda minum obat dengan air putih saja. Singkirkan dulu teh, jus jeruk, dan minuman lainnya sampai ada jeda waktu yang cukup bagi tubuh untuk menyerap khasiat dari obat tersebut tanpa gangguan.

sumber : hidupnatural