Kamis, 26 Juni 2014

Flu Atau Influenza
















Secara umum penyebab flu yang paling utama adalah adanya virus yang masuk dalam tubuh melalui udara, makanan, lingkungan dan lain-lain. Mengingat penyebabnya juga berbeda-beda penyakit flu juga dikelompokkan menjadi dua bagian. Yang pertama adalah penyakit flu biasa yang disebut juga dengan salesma dan yang kedua penyakit flu yang ditularkan dari hewan seperti flu burung atau flu babi. Gejala dari keduanya juga berbeda karena gejala flu yang ditularkan dari hewan lebih berbahaya.

Gejala flu yang pertama yaitu gejala flu yang masih ringan atau disebut juga dengan salesma gejalanya tidak terlalu berat. Penderitanya hanya mengalami pilek, hidung tersumbat dan bersin-bersin. Ada beberapa penderitanya yang mengalami demam dan pusing namun ada juga yang tidak. Penyebab dari flu atau salesma ini adalah virus yang masuk dalam tubuh ketika daya tahan tubuh menurun. Biasanya virus dan bakterinya terdapat dari makanan atau udara yang kotor di lingkungannya.

Sedangkan untuk gejala flu yang kedua merupakan gejala flu yang disebabkan karena tertular dari hewan seperti burung. Virus dan bakteri yang terdapat pada hewan tersebut bisa ditularkan melalui udara atau interaksi secara langsung dengan hewan tersebut. Gejalanya juga tidak hanya sekedar flu dan bersin biasa saja, namun terjadi demam yang berhari-hari disertai rasa pusing yang teramat sangat. Ada juga beberapa penderitanya yang mengalami gangguan pernafasan seperti terasa sakit di bagian dada.

Untuk mencegah penyebab flu ada banyak cara yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Di antaranya adalah membiasakan diri mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum makan atau setelah menyentuh hewan. Selanjutnya banyak minum air putih apalagi di saat masa pergantian musim di mana virus dan bakteri sedang berkembang dengan cepat. Dengan banyak minum air putih, daya tahan tubuh anda akan tetap terjaga dan kebutuhan cairan tubuh juga akan selalu terpenuhi.

sumber : hidupnatural