Jumat, 20 Juni 2014

Tidak Mencuci Ayam Ketika Akan Dimasak

















Tindakan mencuci bahan makanan sebelum memasak menjadi hal yang jamak untuk dilakukan. Tujuannya adalah untuk membersihkan pestisida yang ada di sayuran dan bakteri yang ada di dalam makanan hewani.

Namun nyatanya sebuah penelitian seperti dilansir dari bbc.co.uk berpendapat lain. Penelitian ini malah menyarankan Anda untuk tidak langsung mencuci ayam mentah sebelum memasaknya. Penelitian yang dilakukan oleh badan pengawas obat dan makanan Inggris atau FSA malah berpendapat bahwa tindakan mencuci ayam ini bisa menyebarkan bakteri campylobacter yang ada di dalam ayam. Bakteri ini bisa menyebar ke tangan, meja, pakaian, alat-alat dapur melalui percikan airnya.

Masih menurut penelitian ini bakteri campylobacter merupakan jenis bakteri yang paling banyak menyebabkan keracunan makanan dengan gejala seperti diare, sakit perut, kram perut, serta demam. Oleh karena itu penelitian ini pun menyarankan agar Anda untuk langsung merebus ayam setengah matang sebelum memasaknya guna mematikan bakteri yang ada di dalamnya. Kemudian buang air rebusan tersebut dan cuci ayam. Setelah itu Anda bisa mengolah ayam menjadi masakan yang Anda sukai.

Selain itu FSA juga menyarankan Anda agar memisahkan alat dapur dan talenan yang digunakan untuk memasak daging ayam dengan bahan makanan lainnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan penyebaran bakteri lebih lanjut.

sumber : detik