Senin, 30 Juni 2014

Sulit Masukkan Benang ke Jarum di Usia Muda? Kata Peneliti, Ini Alasannya













Ibu atau nenek kerap meminta bantuan Anda untuk memasukkan benang ke dalam jarum jahit? Hal ini dianggap wajar karena faktor penuaan. Lantas apa yang terjadi ketika gangguan ini justru dialami juga oleh Anda?

Menurut Dr Stephanie Goodhew dari Australian National University's Research School of Psychology, kondisi ini berkaitan dengan 'pesan' yang dikirimkan oleh tangan ke otak Anda. Sudah diketahui bahwa terdapat ruang di sekitar tangan Anda ketika sedang dilihat.

"Rangsangan visual (visual stimuli) diproses secara berbeda ketika prosesnya terjadi di dekat tangan. Jika Anda mencoba untuk mendeteksi target yang berkedip di layar komputer, Anda akan berespons lebih baik jika tangan Anda berada di dekat layar," ungkap penulis utama dari studi baru yang diterbitkan dalam 'Psychonomic Bulletin & Review' tersebut.

Namun, Goodhew menegaskan bahwa tidak semua aktivitas bisa dilakukan lebih baik saat tangan Anda berada lebih dekat. Melaksanakan tugas-tugas yang membutuhkan pemrosesan rinci seperti membaca menjadi kurang efisien ketika tangan Anda berdekatan dengan tulisan. "Anda menjadi sedikit lebih lambat untuk membaca informasi dekat tangan Anda," katanya, seperti dikutip dari ABC Australia, Senin (30/6/2014).

Teori perhatian atau attentional theory juga menunjukkan otak mengalokasikan sumber daya kognitif yang lebih besar terhadap perhatian. Teori ini juga berpendapat bahwa sistem visual dikuasai oleh dua jenis sel: sel P dan sel M. Sel P disebut-sebut pandai mengolah detail-detail kecil spasial seperti membaca, sementara sel M yang tidak begitu baik dalam memilah rincian atau warna, memiliki respons yang lebih cepat.

"Teorinya adalah bahwa near-hand space atau ruang di dekat tangan didominasi oleh sel M, yang pandai menangkap objek bergerak atau berkedip, tapi tidak begitu pandai melihat benda-benda kecil yang membutuhkan ketelitian. Ini menjelaskan mengapa memasukkan benang ke jarum sangat sulit," papar Goodhew.

Berdasarkan penelitiannya, Goodhew juga menyebutkan teorinya tentang bagaimana cara membaca yang efisien. "Jika tangan Anda dekat dengan tulisan atau buku yang dibaca, Anda akan menjadi sedikit kurang efisien saat membaca. Cobalah untuk meletakkan buku atau bacaan tersebut di meja, lalu jauhkan tangan Anda dari objek tersebut, Anda akan membaca lebih efektif dan efisien," tutup Goodhew.

sumber : detik