Kamis, 26 Juni 2014

Kesenangan dan Kenyamanan Bayi Baru Lahir
















Ibu, bayi yang baru lahir boleh saja masih sangat bergantung kepada orangtua terutama ibu untuk memenuhi segala kebutuhan dan menjamin kenyamanan si bayi itu sendiri.Akan tetapi, hal ini bukan berarti bahwa bayi menikmati atau suka semua langkah yang dilakukan ibu sebagai cara perawatan bayi baru lahir. Ibu perlu mengetahui beberapa trik agar perawatan bayi bisa tetap dilakukan tanpa menganggu kenyamanan si bayi.

Hal yang Tidak Disukai Bayi
Seberapa sering ibu menemukan bayi yang menangis setiap kali ibu melepas bajunya atau mandi? Memang benar bahwa memandikan dan mengganti baju termasuk memberi obat tetes mata dan hidung merupakan bagian cara perawatan bayi baru lahir yang harus dilakukan oleh ibu. Akan tetapi, rupanya kegiatan ini tidak disukai oleh bayi sehingga acapkali bayi sering jengkel. Nah, ibu sebaiknya melakukan kegiatan tersebut secepat mungkin tanpa melupakan kehati-hatian tentunya. Perhatian bayi bisa dialihkan dengan cara memberikan ciuman, pelukan, maupun bercakap-cakap.

Kenyamanan Lingkungan
Ibu tentu tidak boleh lupa untuk menempatkan bayi di lingkungan yang benar-benar nyaman untuk bayi. Lingkungan bayi sebaiknya diusahakan jauh dari keramaian dengan suhu udara yang tidak terlalu dingin atau terlalu panas (20-31C). Sinar lampu atau matahari diusajakan tidak jatuh tepat di mata bayi agar bayi tidak rewel karena silau. Karena obat pembasmi serangga tidak boleh digunakan di kamar bayi, sebaiknya ibu menyiapkan kelambu untuk melindungi bayi dari nyamuk.